3 Batik Indonesia Yang Lagi Trend

Anak muda zaman sekarang mulai terterik dengan berkembangan batik di Indonesia. Banyak model batik tradisional yang sedang menjadi trend fashion bagi anak – anak muda. Membuat Anda yang memakain kain tersebut semakin keren dan ikut membantu melestarikan warisan budaya Indonesia.

  1. Kain Batik Lasem

Kain batik satu ini merupakan kain batik pesisir hasil dari asimilasi budaya Indonesia yang banyak dipengaruhi oleh pendatang tionghoa yang singgah di daerah pesisir Indonesia. Corak batik ini berebda dengan batik dari keraton jawa yang hanya dipakai oleh golongan ningrat saja. Kain Batik lasem berasal dari daerah kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kabupaten tersebut sering disebut sebagai daerah tionghoa kecil. Karena tempat tersebut terdiri dari perkampungan yang digunakan masyarakt tionghoa sebagai tempat pendaratan pertama kali di tanah Jawa. Corak dan motif dari batik ini didominasi dari pengaruh budaya tionghoa. Batik ini biasanya digunakan sebagai bawahan kebaya dan blus, kain batik ini juga digunakan untuk bahan dress ataupun clutch bag.

  1. Kain Batik Jumputan

Kain batik jumputan meruapakan kain batik dengan Teknik pembuatan dengan cara dicelup, cara tersebut sudah terkenal di dunia internasional dengan julukan Teknik tie dye. Hanya dua daerah Indonesia yang memiliki model batik tradisional jumputan ini. Meraka adalah daerah Jawa dan Sumatera. Kain batik jumputan  dari Sumatera ini meruapakan batik yang dipengaruhi oleh budaya tiongkok, sedangkan Teknik jumputan dari jawa diperkenalkan oleh pedagang kain jumputan Jawa khususnya diwilayah Yogyakarta dan solo, kain tersebut menjadi kain yang biasa digunakan untuk upacara adat.

  1. Batik Salembo

Batik daerah nusa tenggara memiliki ciri khas tersendiri. model batik tradisional satu ini memilik corak yang khas yaitu dengan motif hewan ataupun dengan corak daun. Salah satu batik yang terkenal didaerah nusa tenggara adalah batik salembo. Batik salmebo telah dijadikan sebagai pakaian batik resmi local di Nusa tenggara barat ataupun di Nusa tenggara Timur. Batik Salembo dijadikan sebagai pakaian dinas para pegawai negeri pada hari tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *