4 Manfaat Yang Bisa Diambil Ibu Hamil Dari Manggis

Image result for manggis

Pastinya kamu sudah mengetahui jika mengkonsumsi buah manggis sangat baik untuk kesehatan.Lalu bagaimana jika ibu hamil yang mengkonsumsinya?Kehamilan yang normal dan sehat pastinya menjadi dambaan setiap orang. Ibu hamil selama masa kehamilan yang dijalaninya harus berhati hati terhadap makanan yang akan dikonsumsinya. Pastikan ibu hamil ini mengkonsumsi makanan yang aman dan memiliki manfaat untuk kesehatan.Konsumsilah makanan yang bernutrisi seperti buah, sayuran, dan juga makanan bergizi lainnya yang memang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan janin dan juga kesehatan ibu hamil.Kembali lagi ke pertanyaan diatas tentang amankah ibu hamil mengkonsumsi manggis? Ibu hamil boleh boleh saja mengkonsumsi manggis asalkan kondisi buah yang dikonsumsinya itu baik dan masih segar. Tidak perlu lagu mengkonsumsinya karena ada banyak manfaat manggis untuk ibu hamil. Berikut 4 manfaat yang bisa diambil ibu hamil dari manggis diantranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Cacat Bayi

Sepanjang masa kehamilannya, ibu hamil membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram. Ibu hamil memerlukan folat untuk memenuhi asupan gizinya didalam upaya mencegah cacat bayi yang biasanya akan terjadi pada bagian tulang belakang dan otak. Didalam setiap 50 gram manggis mengandung folat seberat 65 mikrogram, ini merupakan jumlah yang cukup besar. Dengan terpenuhinya folat pada ibu hamil maka akan dapat membantu pertumbuhan bayi sehingga akan terhindarnya dari cacat otak, tulang belakang, dan beberapa jenis cacat lainnya seperti pada bagian bibir.

  1. Dapat Membentuk Jaringan Tulang Rawan

Didalam setiap 50 gram daging buah manggis terkandung mangan didalamnya seberat 0,3 miligram. Mangan dibutuhkan setiap ibu hamil untuk membantunya didalam pembentukan jaringan tulang rawan dan juga membentuk sistem tulang pada janin. Dengan tercukupinya asupan mangan pada ibu hamil maka akan didapatkannya bayi dengan bentuk dan fisik yang sempurna. Oleh karena itu pada saat telah mengalami tanda tanda kehamilan di trimester yang pertama, maka alangkah baiknya mulai rutin mengkonsumi manggis.Dan bahkan mangan memiliki peranan yang sangat penting didalam pembentukan janin yang sehat dan dapat melindungi diri dari kanker.

  1. Dapat Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh

Asupan makanan sehat dibutuhkan ibu hamil karena berperan didalam membentuk dukungan imun tubuh supaya tetap kuat selama masa kehamilan. Kandungan vitamin C yang ada didalam manggis tinggi, dan bahkan didalam setiap 50 gramnya terkandung vitamin C seberat 5,8 miligram. Sedangkan didalam setiap harinya ibu hamil membutuhkan vitamin C seberat 86 miligram. Dengan terpenuhinya asupan vitamin C pada ibu hamil maka dapat meningkatkan kesehatannya, selain itu juga sistem kesehatan janin akan tetap terjaga sehingga tidak akan mudah terkena infeksi kuman dan bakteri. Dan juga untuk mempersiapkan kulit ibu hamil pada saat nantinya janin tumbuh besar.

  1. Dapat Mengatasi Sembelit

Ibu hamil pada saat memasuki trimester pertama akan membutuhkan salah satu zat khusus yaitu serat. Serat ini dibutuhkan karena setiap ibu hamil selalu mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Kondisi ini akan menyebabkan rasa ketidaknyamanan yang dipengaruhi oleh hormon pada sistem pencernaan. Ada sekitar 3,7 gram serat didalam setiap 50 gram manggis. Didalam setiap harinya ibu hamil membutuhkan serat sebanyak 26 gram. Dengan mengkonsumsi buah manggis ini maka akan berkurangnya rasa sembelit.

Itulah 4 manfaat yang bisa diambil ibu hamil dari manggis. Selain itu jika ibu hamil gemar mengkonsumsi manggis maka akan mendapatkan efek merasa senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *