5 Kelebihan BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Perlu anda ketahui bahwa menjadi anggota BPJS Kesehatan itu memang memiliki kekurangan serta kelebihan. Namun, dari tahun ke tahun semakin banyak orang yang menggunakan BPJS Kesehatan ini. Mungkin masyarakat terasa terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan ini dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Lalu apa saja kelebihan dari BPJS Kesehatan ini? Berikut 5 kelebihan BPJS Kesehatan yang harus anda ketahui :

1. Bisa Digunakan Di Berbagai Pelayanan Kesehatan

Salah satu kelebihan dari BPJS Kesehatan adalah yang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat adalah BPJS Kesehatan sudah banyak bekerjasama dengan berbagai instansi penyedia layanan kesehatan baik itu milik pemerintah maupun swasta. Sehingga dengan BPJS Kesehatan ini orang-oarang yang tinggal di pedesaan pun bisa menikmati pelayanan BPJS Kesehatan dengan berobat ke dokter keluarga atau PUSKESMAS. Lain halnya dengan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pihak swasta, dimana hanya bekerjaamsa dengan rumah sakit tertentu yang kebanyakan rumah sakit tersebut berada di perkotaan.

2. Memiliki Premi Yang Relatif Murah

Dalam hal ini setiap peserta BPJS Kesehatan bisa memilih iuran per bulannya yang sesuai dengan keinginan serta kemampuan mereka. Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini terdapat 3 jenis keanggotaan dengan iuran yang berbeda. Yang pertama adalah BPJS kelas 1 dengan iuran perbulannya Rp. 60.000 / orang, selanjutnya BPJS Kesehatan kelas 2 dengan iuran perbulannya Rp. 45.000 / orang, dan yang terakhir adalah BPJS Kesehatan kelas 3 dengan iuran perbulannya adalah Rp. 25.000 / orang.

3. Mendapatkan Pelayanan Yang Sama

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan. Baik itu ketika berobat maupun saat rawat inap di rumah sakit. Hal ini tentunya tidaklah benar. Sudah menjadi etik profesi dan aturan rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sama kepada setiap pasiennya tanpa membeda-bedakannya.Sehingga pasien pengguna BPJS Kesehatan juga tetap memiliki hak untuk mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal.

4. Mudah Dalam Pembayaran Iuran

Salah satu kelebihan berikutnya dari BPJS Kesehatan ini adalah cara pembayaran iurannya yang sangat mudah. Memang pada awal kemunculan BPJS Kesehatan ini, untuk bisa membayar iuran perbulannya anda harus pergi ke kantor BPJS atau transfer melalui rekening Bank. Namun saat ini, setelah pihak BPJS Kesehatan bekerjasama dengan pihak swasta untuk memfasilitasi masyarakat guna melakukan pembayaran iuran bulanan, sehingga anda bisa melakukan pembayaran melalui minimarket atau supermarket yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Bukan hanya itu anda juga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan online dengan menggunakan ponsel anda melalui Blibli.com. Selain bisa membayar dengan mudah dan cepat, anda juga bisa mendapatkan harga diskon jika melalui blibli.com.

5. Bisa Digunakan Dalam Keadaan Darurat

Pada saat peserta BPJS Kesehatan mengalami masalah kesehatan yang bisa mengancam jiwa, atau mengalami masalah yang emerrgency dan harus segera ditangani. Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan sebagai pembiayaan untuk mendapatkan pertolongan segera di Instalasi Gawat Darurat di rumah sakit. Memang di BPJS Kesehatan ini ada metode berjenjang untuk bisa mendapatkan klaim atau supaya bisa mendapatkan layanan kesehatan jika masalah kesehatan anda tidak bisa ditangani di faskes tingkat pertama. Akan tetapi jika dalan keadaan darurat seperti seseorang yang mengalami serangan jantung, atau stroke, and bisa langsung dibawa ke IGD di rumah sakit yang sudah bekejasana dengan pihak BPJS Kesehatan guna mendapatkan pertolongan dengan tetap menggunakan pembiayaan dari BPJS Kesehatan tersebut.

Itulah 5 kelebihan dari BPJS yang tentu saja hanya diperuntukan bagi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *