Bagaimana Membagi Hasil Kerjasama Usaha?

Membangun bisnis dengan cara kerja sama tidaklah salah. Hal ini akan membantu anda membangun bisnis dengan lebih baik. Misalnya saja dari segi kemampuan mengelola usaha atau kemampuan modal. Kerjasama usaha akan membantu anda menutupi kekurangan dalam memulai usaha. Selain itu, dengan adanya partner usaha, anda akan mendapatkan teman berbagi dalam menjalani bisnis dan penasihat dalam menentukan pengambilan keputusan.

Namun, saat melakukan kerjasama usaha, pembagian keuntungan sebaiknya anda pertimbangkan sejak awal. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari hal-hal yang bisa menimbulkan kesalahpahaman nantinya.

Dalam membagi keuntungan kerjasama usaha, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara yang paling umum dan dianggap paling adil adalah dengan menyesuaikannya dengan investasi modal awal. Misalkan pada awalnya anda memberikan modal usaha sebesar 70% dan partner anda sebesar 30%, maka ketika pembagian keuntungan anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 70% dan partner anda mendapat keuntungan sebesar 30%. Pembagian keuntungan tidak harus 50-50, karena justru akan merugikan pihak yang berkontribusi lebih besar.

Akan tetapi, dalam beberapa kondisi, membagi dua keuntungan sama besar juga dapat dilakukan. Misalnya ketika anda dan partner anda memberikan investasi dalam jumlah yang sama besar. Atau ketika anda memberikan investasi sebesar 70% dan partner anda 30%, namun partner anda memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis dan anda bertindak sebagai investor saja. Meskipun partner anda berkontribusi lebih kecil dalam menanam investasi, namun ia memiliki andil besar dalam membangun usaha. Sehingga anda yang memiliki kontribusi saham lebih besar, hanya perlu memantau jalannya usaha tanpa turun tangan secara langsung. Bentuk pembagian kerjasama usaha seperti ini sangat tepat dilakukan jika anda memiliki keterbatasan waktu atau jika salah satu pihak memiliki kekuatan di modal sementara yang lainnya memiliki kekuatan di manajemen.

Dengan bentuk pembagian keuntungan kerjasama usaha yang kedua ini, pihak yang memiliki nilai investasi lebih kecil tetap akan memiliki kesempatan memiliki usaha sepenuhnya. Ini juga bisa dilakukan apabila kemudian ia membayar kembali investasi yang telah dilakukan pihak dengan investasi lebih banyak. Kerjasama usaha dalam bentuk seperti ini akan tetap menguntungkan anda serta partner anda.

Selain itu juga, salah satu bentuk kerjasama yang paling mudah adalah menjadi agen kudo. Anda tidak perlu memikirkan berbagai banyak hal, cukup bergabung dan turut menjual berbagai produk yang ada di kudo. Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *