Cara Penulisan Contoh Application Letter yang Tepat

Image result for hire job

Contoh application letter merupakan surat formal yang gunanya untuk melamar sebuah pekerjaan. Surat ini menggunakan bahasa Inggris dan dibuat sedemikian rupa untuk menarik staf personalia suatu perusahaan bersedia menerima sebagai karyawan. Tidak beda jauh dengan surat lamaran kerja pada umumnya, pada application letter ini format penulisannya berbeda. Di dalamnya berisi pengenalan diri, latar belakang pendidikan, serta kemampuan dan pengalaman yang di dalamnya mencakup secara rinci apakah anda memenuhi kriteria untuk lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Di dalam contoh application letter yang anda buat tentu juga diungkapkan mengenai alasan anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Untuk itu, anda perlu memperhatikan poin-poin dalam pembuatan application letter. Maka dari itu anda harus perhatikan tips untuk membuat application letter. Untuk awal anda bisa membuat subjek dari informasi mengenai kontak anda. Meski di beberapa perusahaan yang membutuhkan karyawan memerlukan para pelamarnya supaya mengirimkan application letternya dengan subjek pada emailnya. Di subjek email itu tersedia pada bagian atas application letter yang anda  buat dengan format biasa seperti nama serta posisi yang anda inginkan. Kemudian ketika anda mengirimkan surat lamaran tersebut, jangan lupa pula untuk menyertakan rincian kontak anda melalui signature pada email anda. Dengan begitu, pihak perusahaan yang mencari karyawan akan mudah menghubungi bila application letter yang anda kirimkan ditanggapi setelah email itu diterima.

Selanjutnya untuk penulisan contoh application letter anda harus menyertakan nama anda secara lengkap. Selain itu terangkan dari mana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. Entah dari situs pencari kerja, maupun koran harian. Kemudian untuk isi dari application letter yang dibuat, berikan kalimat-kalimat pernyataan deklaratif untuk memberikan informasi kepada pihak perekrut bahwa anda memiliki antusiasme untuk melamar di posisi yang ditawarkan pada perusahaan tersebut. Tuliskan secara singkat serta spesifik mengenai hal-hal yang membuat anda tertarik untuk melamar di posisi tersebut.

Demikianlah secara singkat tips untuk membuat contoh application letter yang bisa anda pelajari. Dengan mengikuti tips tersebut, tentu saja untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan pasti tercapai karena surat lamaran yang anda buat sesuai dengan kriteria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *