Cara Simple Membuat Stiker Sendiri Di Whatsapp

Fitur terbaru dari WhatsApp yaitu Stickers baru saja diluncurkan. Akan bervariasinya jenis stickers yang ditawarkan platform milik facebook ini. Selain pilihan stiker yang sudah ada tetapi para pengguna WhatsApp juga bisa membuat sticker sendiri dengan menggunakan foto wajahnya sendiri. Jika akan membuat stiker sendiri di WhatsApp maka adanya cara membuat stiker di WhatsApp yang simple. Berikut cara simple membuat stiker sendiri di WhatsApp diantaranya yaitu :

  1. Menyiapkan 3 Foto Selfie

Pertama tama yang harus dilakukan pada saat akan membuat stiker adalah dengan menyiapkan foto selfie setidaknya 3 buah karena itu merupakan jumlah paling minimal untuk bisa dijadikan sebuah stiker. Jika jumlahnya kurang dari 3 buah maka aplikasi tidak akan mau mengaksesnya.

  1. Menghapus Latar Belakang Foto

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan menghapus latar belakang foto lalu mengubah formatnya menjadi PNG sehingga akan memiliki background transparan. Untuk menghapusnya ini maka kita bisa menggunakan aplikasi background eraser yang bisa kita miliki di toko Play Store dan App Store. Salah satu aplikasi background eraser yang bisa digunakan adalah aplikasi buatan MediaEncode Inc. Untuk mempermudah didalam proses pembersihan maka sebaiknya memilih foto dengan latar belakang berwarna polos seperti tembok.

  1. Membuka Aplikasi Background Eraser

Pada langkah yang ketiga adalah dengan membuka aplikasi Background Eraser lalu pilih ikon “eraser” dan pilihlah foto yang akan dirapihkan. Akan adanya beberapa tool, termasuk didalamnya tool otomatis yang akan mempermudah kita didalam menghilangkan latar belakang yang berwarna polos. Background harus dipastikan terhapus secara merata sehingga nantinya dapat ditampilkan dengan baik pada WhatsApp.

  1. Mengklik Tanda Centang Disebelah Kanan

Jika 3 buah foto yang sudah kita pilih tadi selesai diedit maka tinggal mengklik tanda centang yang berada disebelah kanan atas, lalu foto nantinya secara otomatis akan terkonversi kedalam format PNG. Aplikasi background eraser telah menyediakan tool untuk penulisan teks, tetapi aplikasi yang lainnya juga bisa digunakan seperti PicsArt. Dimana bisa digunakan untuk memberikan teks pada foto yang latar belakangnya telah dihapus.

  1. Memastikan WhatsApp Sudah Diperbarui Ke Versi 2.18

Langkah yang selanjutnya adalah dengan memastikan jika aplikasi WhatsApp yang kita gunakan telah diperbarui ke versi 2.18 atau juga yang lebih baru sehingga akan mendukung penggunaan stikere. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp lalu pilih opsi untuk menambah emoji yang berada disebelah kiri kolom untuk mengetik pesan. Kemudian pilihlah ikon “stickers” yang berada pada sebelah kanan ikon “GIF”.

  1. Memilih Tanda Tambah (+)

Pada langkah yang selanjutnya akan muncul tampilan stiker yang dimiliki oleh pengguna misalnya saja stiker cangkir yang memang secara default sudah terpasang. Pada halaman ini untuk menambah stiker sendiri maka pilihlah tanda tambah (+) yang berada pada bagian pojok kanan atas. Kita nantinya akan disuguhi dengan beberapa set stiker yang telah disediakan WhatsApp. Gulir kebagian bawah hingga adanya teks “get more stickers”, lalu pilih opsi tersebut untuk menambahkan stiker yang telah dibuat sendiri. Kita nantinya akan diantar ke tampilan Play store lalu pilihlah aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Lalu kita tinggal memilih tombol “add” maka secara otomatis foto foto selfie pun akan dikirim secara langsung kedalam WhatsApp dan bisa digunakan didalam percakapan.

Itulah cara simple membuat stiker sendiri di WhatsApp. Dengan adanya fitur untuk membuat stiker sendiri maka tidak heran jika aplikasi WhatsApp ini semakin digemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *