Ini Dia Resep MPASI untuk Bayi usia 6 Bulan, Wajib dicoba Bun!

Image result for resep mpasi

Wah, si Kecil kini sudah menginjak usia 6 bulan ya Bun? Pasti Bunda bahagia melihat ia yang semakin berkembang, sudah bisa merangkak, tertawa dan selalu hidup sehat. Hal tersebut tentu tidak lepas dari peran Bunda yang selalu merawat dan menyayangi si Kecil hingga terjaga masa bayi nya, mulai dari penjagaan perilaku, pemberian nutrisi seperti mpasi (dapatkan resep mpasi), penentuan waktu tidur dan lain sebagainya.

Bicara soal pemberian nutrisi, usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memberikan ia MPASI atau makanan pengganti ASI. Ilmuan merekomendasikan pada umur inilah si Kecil mulai dikenalkan dengan makanan padat sejak ujia 6 bulan. Yah, karena ia membutuhkan kalori lebih banyak Bun daripada hanya sekedar asupan ASI yang setiap hari Bunda berikan.

Info yang menarik nih, bahwa ketika Bunda memberikan asupan MPASI ke si Kecil, tidak hanya soal memberinya makanan yang bergizi, tapi juga menstimulasi seluruh inderanya ketika Bunda memberinya makan, sehingga ia bisa lebih memahami fungsi tubuhnya Bun.

Nah, di artikel ini akan dijelaskan 2 resep MPASI yang dapat Bunda coba sendiri di rumah untuk si Kecil. Semoga saja si Kecil tidak menolak makanan yang sudah Bunda buatkan ya Bun, jika tidak maka Bunda harus sedikit berusaha membujuknya agar mau makan ya. Oh iya, makanan yang Bunda berikan haruslah memenuhi syarat yaitu mudah dicerna, tidak terlalu cair atau encer, tanpa gula dan garam, serta dibuat dari bahan yang masih segar ya Bun.

Resep MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

  1. Pure Pear

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk MPASI adalah Pear. Pear adalah buah yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, asam folat dan kandungan penting lainnya. Yah, resep dari buah ini bisa dicoba ya Bun, berikut caranya:

Pastikan untuk memilih buah pear yang sudah matang dan manis, kemudian kupas kecil-kecil. Bunda bisa mengkukus sebentar buah pear tersebut atau biarkan segar saja juga boleh Bun. Haluskan potongan pear tersebut dengan memasukkannya ke blender sampai lembut sehingga bayi bisa mengunyahnya. Langkah terakhir adalah menambahkan air matang sedikit agar lebih lembut lagi Bun, dan Bunda juga bisa menambahkan cereal untuk menambah rasa dan gizinya.

  1. Bubur Susu Beras Merah

Beras merah mengandung banyak sekali vitamin B1, B6 dan B12 untuk pemenuhan energi si Kecil Bun serta zat besi untuk menghindarkan anemia darinya. Jadi, makanan ini bisa Bunda coba di rumah ya, berikut adalah tips gimana membuat MPASI ini:

Siapkan beras merah yang disangrai kemudian masukkan ke food processor untuk dijadikan tepung, Bunda juga bisa menggunakan tepung beras yang sudah siap untuk digunakan kok. Siapkan 100ml air dan beri dua sendok tepung yang sudah dibuat tadi kemudian rebus pada air kecil sambil diaduk. Langkah terakhir adalah Bunda dapat memasukkan pure buah dan ASI perah pada rebusan tepung beras merah tadi, aduk hingga rata. Dalam penyajiannya, pastikan tekstur MPASI ini dapat dikunyah dan ditelan dengan mudah oleh di kecil ya Bun, jika masih kurang Bunda dapat menambahkan sedikit air lagi untuk memperhalus.

Nah, itu adalah 2 resep yang sering dimasak oleh Bunda untuk kebutuhan nutrisi si Kecil di usia 6 bulan. Semoga artikel resep MPASI untuk bayi usia 6 bulan ini dapat bermanfaat bagi Bunda dan si Kecil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *