Instagram Perluas Uji Coba Sembunyikan Fitur Like

Diketahui bahwa layanan berbagi foto dan video Instagram telah mencoba menyembunyikan fitur serupa di sebuah pos. Kanada menjadi negara pertama yang diuji pada bulan April. Sekarang Instagram sudah mulai memperluas negara dengan menambah enam negara, yaitu Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia Baru. Dalam tes ini Instagram menyembunyikan jumlah suka pada foto dan video di Instagram, hanya pemilik pesan yang dapat melihat jumlah suka yang diterima. Tujuannya juga agar pengguna lebih fokus pada konten yang dibuat, daripada harus bersaing satu sama lain untuk mengejar jumlah suka, bahkan dengan jumlah ini juga memberikan pengguna perasaan depresi dan ketidaknyamanan.

“Idenya adalah untuk mencegah depresi karena Instagram, untuk mencegah persaingan, dan untuk memberi orang lebih banyak ruang untuk fokus pada kontak dengan orang yang dicintai dan hal-hal yang menginspirasi mereka,” kata direktur Instagram Adam Mosseri. “Kita perlu melihat bagaimana mereka memengaruhi perasaan orang tentang Instagram, bagaimana mereka memengaruhi cara mereka menggunakan Instagram, bagaimana mereka memengaruhi ekosistem pencipta,” lanjutnya.

Mosseri juga mengatakan ia menerima respons yang baik dari pengguna ketika pengumuman tes ini akan diluncurkan. Tapi ada pro dan kontra di antara influencer Instagram yang sering menggunakan jumlah suka sebagai promosi penjualan. “Kesejahteraan dan kesehatan pengguna lebih penting daripada inti Instagram, jika orang mencari nafkah dengan Instagram dengan melihat jumlah suka menurun, mungkin itu memaksa kita untuk mempertimbangkan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *