Mengenal Alat Tulis Modern Yang Biasa Kita Pakai

Pengertian alat tulis adalah peralatan yang digunakan untuk menuangkan ide atau pokok pikiran seseorang pada bidang tertentu. Umumnya ditandai dengan bentuk simbol atau lambang tertentu (tulisan atau tanda) di atas suatu permukaan. Alat tulis merupakan salah satu bentuk teknologi sehingga mengalami perkembangan sesuai dengan teknologi yang berlaku. Alat tulis sudah dikenal sejak zaman purba dengan ditemukannya gambar atau simbol pada batu, dinding gua, batang pohon dan sebagainya dengan peralatan sederhana berupa pisau, batu atau kayu yang diruncingkan. Seiring perkembangan jaman yang semakin modern, alat-alat tulis dirancang untuk memudahkan ketrampilan menulis artikel, menggambar dan sebagainya. Sampai dengan saat ini ada beberapa macam alat tulis yang sering dan umum digunakan orang untuk kegiatan menulis. Sabak yaitu alat tulis yang dibuat dari batu berbentuk papan tipis diberi bingkai. Pada zaman penjajahan banyak murid sekolah yang menulis menggunakan sabak. Gerip merupakan anak batu tulis, terbuat dari batu bulat panjang, besarnya kurang lebih sebesar plastik sedotan minuman, bagian ujungnya runcing. Gunanya untuk menulis pada Sabak.

Perkembangan berikutnya yaitu alat tulis berupa pensil yang dipakai menulis pada kertas. Ada beberapa jenis pensil menurut gunanya sesuai tanda yang tercantum pada pensil, yaitu:

Pensil yang memiliki tanda huruf H (Hard), yang artinya keras. Pensil jenis ini dipakai untuk kalangan teknik, khususnya untuk menggambar konstruksi.
Pensil yang memiliki tanda huruf B (Black), yang artinya hitam atau lunak. Makin banyak tanda B-nya pensil tersebut makin lunak (2B. 3B, 4B). Pensil ini biasanya untuk menggambar ilustrasi atau menggambar alam benda.
Pensil yang memiliki tanda huruf HB (Hard-Black) yang berarti sedang. Pensil ini Cocok untuk menulis.
Pensil arang atau disebut konte. Pensil konte ini keras lunaknya ditandai dengan angka-angka 1, 2, 3, 4, dan Seterusnya.

  1. Alat Tulis Pena
    Alat tulis ini menggunakan pena yang diberi tangkai. Setiap menulis terlebih dahulu mata pena dicelupkan pada tinta di botol.
  2. Alat Tulis Pulpen
    Alat tulis pena dianggap kurang praktis karena setiap menulis beberapa kata, mata pena harus dicelupkan kembali ke dalam tinta di botol. Kemudian ditemukan alat tulis bernama pulpen. Pulpen merupakan alat tulis menggunakan mata pena tetapi tintanya dapat disimpan di bagian tangkainya
  3. Bolpoin
    Bolpoin yang biasa disebut pena yang bermata bulat (tumpul) yang bertangkai tabung kecil berisi tinta kental.
  4. Mesin Ketik
    Mesin ketik yaitu alat untuk menulis dengan cara menekan-nekan huruf yang tersedia. Pada awalnya mesin tik digerakkan menggunakan jari-jari tangan, kemudian berkembang menjadi mesin ketik yang digerakkan oleh tenaga listrik.
  5. Komputer
    Komputer adalah alat tulis modern dengan menggunakan perangkat elektronis yang dapat untuk menulis juga menghitung dan mengolah data secara cermat sesuai instruksi. Dengan komputer lebih privasi lagi dengan menggunakan earphone baru untuk mendengarkan lagu ataupun video ditempat ramai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *