Objek Wisata Candi Prambanan dan Sejarahnya

Candi Prambanan terletak sekitar 17 km sebelah timur kota Yogyakarta dan terletak di tepi jalan utama menuju Jogja-Solo. Jadi jika Anda berkendara dari Jogja ke Solo atau sebaliknya, Anda pasti akan dapat melihat candi Prambanan segera. Bangunan candi Prambanan terdiri dari 3 candi utama, yaitu Wisnu, Brahma dan Shiwa, yang melambangkan ajaran Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Kuil Siwa di tengah adalah yang tertinggi. Ada 4 kamar, satu kamar utama berisi gambar Siwa, sedangkan 3 kamar lainnya masing-masing berisi patung Agastya (guru Siwa), Durga (istri Siwa) dan Ganesha (putra Siwa). Patung Durga dikatakan sebagai patung Roro Jonggrang dalam legenda yang dijelaskan di atas.

Objek Wisata Candi Prambanan, salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan terkenal dengan sejarah legendaris Roro Jonggrang, dibangun pada abad ke-9 Masehi. Dikatakan bahwa ada dua kerajaan di Jawa Tengah, yaitu Pengging dan Baka. Pengging dipimpin oleh Prabu Damar Maya, yang memiliki seorang putra bernama Raden Bandung Bondowoso yang kuat dan kuat. Sementara kerajaan Baka dipimpin oleh seorang raksasa bernama Prabu Baka dan memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Untuk memperluas kekuatannya, Prabu Baka mencoba menaklukkan karya Pegging. Tetapi selama serangan itu, Prabu Baka dibunuh oleh Bandung Bondowoso dan akhirnya kerajaan Baka diserang dan dikendalikan oleh pasukan yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso.

Selama pendudukan kerajaan Baka, Bandung Bondowoso dipenjara oleh kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikah dengannya. Namun, Roro Jonggrang menolak karena dia tidak ingin menikahi seseorang yang telah membunuh ayah kandungnya sendiri. Setelah diyakinkan oleh Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang menyetujui lamarannya dengan syarat ia berdoa agar seribu candi dibangun dalam satu malam. Dengan kekuatan gaibnya, Bandung Bondowoso juga membangun candi dengan bantuan roh. Ketika Rara Jonggrang mendengar berita bahwa seribu kuil hampir selesai, sang putri berusaha menghilang. Dia membangunkan para wanita di pengadilan untuk mulai menumbuk beras. Dia juga memerintahkan sedotan untuk dibakar di sisi timur. Mengira pagi telah tiba, roh-roh itu lari ketakutan. Hasilnya, hanya 999 candi yang dibangun. Setelah mengetahui bahwa ini semua tipuan Rara Jonggrang, Bandung Bondowoso juga mengutuk Roro Jonggrang seperti batu. Sang putri menjadi patung paling indah untuk memenuhi kuil terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *