Penyebab Umum Cedera Ligamen Lutut Anterior

Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab umum cedera ligamen lutut anterior atau biasa disebut sebagai ACL (anterior cruciate ligament). Cedera ligamen adalah suatu kondisi yang mana ditandai dengan adanya kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Dan cedera ini memiliki beberapa tingkatan cedera dari mulai cedera ringan sampai cedera parah.

Ligamen lutut anterior merupakan salah satu ligamen lutut yang berfungsi untuk menghubungkan tulang tangkai bawah dengan tulang tangkai atas. Selain itu juga terdapat fungsi lainnya untuk menjaga kestabilan lutut. Cedera ligamen yang termasuk kategori sangat parah dapat terjadi pada saat ligamen anterior mengalami total dan dapat disertai lepasnya tulang paha, tulang kering dan sendi.

Ada beberapa hal yang terjadi ketika lutut anterior ligament mengelamai cedera, ketika mengalami cedera akan terdengan suara seperti “pop” dan setelahnya sering diikuti oleh pembengkakan pada lutut. Ketika hal itu terjadi akan membuat lutut anda terasa tidak stabil dan merasa sakit pada saat berdiri. Hal ini tentu akan membuat anda tidak leluasa dalam berjalan atau berdiri.

Pada umumnya, cedera ligamen ini sering terjadi ketika seseorang sedang melakukan sebuah olahraga yang melibatkan gerakan berhenti tiba-tiba, serta pada saat mengubah gerakan atau melompat. Beberapa jenis olahraga tersebut seperti sepak bola, basket, tenis, rugby, ski, senam atletik dan bola voli. Olahraga semacam ini cenderung bisa menjadi penyebab umum cedera ligament lutut anterior.

Gejala Cedera Ligamen Lutut Anterior

Untuk dapat menanggulangi cedera yang satu ini, tentu anda harus mengetahui mengenai gejala cedera ligamen lutut anterior itu sendiri. Pada cedera ligament lutut anterior yang terjadi secara tiba – tiba dan cukup parah, gejala – gejala yang mungkin terasa adalah sebagaiberikut.

  • Akan terdengar suara seperti “pop” pada saat terjadinya cedera
  • Merasa bahwa lutut tidak stabil, seperti terasa goyang atau lepas. Perasaan ini akan terjadi setelah melompat, mengubah arah gerakan, atau terjadi benturan pada lutut.
  • Nyeri yang terasa dibagian luar dan belakang lutut
  • Terjadi pembengkakan pada lutut. Umumnya pembengkakan ini akan muncul setelah terjadinya cedera yang menandakan adanya pendarahan pada sendi. Dan dapat mengindikasikan bahwa cedera tersebut cukup parah
  • Gerakan yang dapat dilakukan lutut terasa terbatas.

Apa Penyebab Cedera Ligamen Lutut Anterior ?

Penyebab umum cedera ligamen lutut anterior tentu beragam jenisnya. Salah satu yang paling umum dan kita sering dengar adalah ketika seseorang sedang melakukan kegiatan olahraga berintensitas tinggi. Pada kasus lainnya yang juga sering terjadi mengatakan bahwa cedera ligament lutut lebih banyak terjadi pada sebuah kegiatan yang melibatkan kontak fisik.

Penyebab – penyebab yang sudah disebutkan diatas menunjukan bahwa cedera ligament lutut anterior ini terjadi karena adanya pergerakan tubuh yang salah. Misalnya, anda berhenti bergerak terlalu cepat, berubah arah mendadak saat berlari atau melompat dan mendarat dengan posisi yang tidak wajar. Terjatuh dari sebuah tangga pun bisa menjadi penyebabnya.

Dalam beberapa kasus pun menunjukan bahwa penyebab umum cedera ligament lutut anterior terjadinya akibat adanya kontak fisik atau sebuah benturan yang sangat keras, seperti yang sering kita lihat dalam permainan sepak bola, sering terjadi benturan kaki antara pemain satu dengan yang lainnya misalkan ketika seorang pemain bola terkena tackle pemain lain.

Cedera ligamen lutut anterior ini sering dibarengi dengan cedera lainnya. Seperti contoh, robeknya ACL juga sering  terjadi bersama dengan robeknya bagian lain dari ligament lutut dan tulang rawan yang menyerap goncangan di lutut. Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya cedera ligament lutut anterior.

Sumber : hellosehat.com dan alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *