Sudah Turun Harga, Smartphone Flagship “Jadul” Ini Masih Layak Diburu

Hampir seluruh produsen teknologi meluncurkan smartphone flagship setiap tahunnya. Bukan hanya untuk menyematkan teknologi yang telah dikembangkan, smartphone flagship juga dianggap sebagai tolok ukur kemajuan sebuah vendor. Tak heran, mereka berlomba-lomba untuk menciptakan jagoan terbarunya.

Inovasi terbaru yang disematkan membuat smartphone flagship berhasil memberikan performa terbaik. Sayangnya, smartphone flagship selalu dibanderol harga yang mahal. Memang, harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan performanya, namun hal inilah yang membuat tidak semua orang mampu membelinya. Sebenarnya kamu bisa saja membelinya lewat fasilitas cicilan HP, tapi ingat, harga barang elektronik cenderung turun tiap tahunnya.

Sebagai solusi, kamu bisa membeli smartphone flagship “jadul”, atau yang sudah keluar satu tahun lalu. Meski cukup ketinggalan, beberapa smartphone ini tidak begitu signifikan perbedaannya dengan smartphone yang baru rilis belakangan. Sebagian besar masih punya fitur dan desain yang tidak jauh berbeda dan masih memiliki performa kencang. Bagi kamu yang berbujet minim, berikut daftar smartphone “jadul” yang bisa kamu beli.

  1. LG G5

2017 lalu, produsen smartphone asal Korea Selatan, LG mengeluarkan smartphone flagship seri “G” miliknya, LG G6. Dengan demikian, smartphone pendahulunya, LG G5, resmi menjadi smartphone flagship “jadul”. Rilis di awal tahun 2016, LG G5 membawa konsep yang cukup revolusioner yaitu konsep modular. Modular di sini artinya ada komponen yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Konsep ini membuat perangkat LG G5 dapat ditambahkan aksesoris seperti kamera shooter, speaker tambahan, hingga baterai tambahan.

Bicara soal hardware, LG G5 menyematkan prosesor Snapdragon 820, RAM 4GB, dan kapasitas penyimpanan internal 32GB. LG G5 juga memukau banyak orang di awal peluncurannya berkat dual kamera beresolusi 16MP dan 8MP yang diusungnya. Ada juga pemindai sidik jari pada bagian belakang dan sistem operasi yang bisa di-upgrade hingga Android 6.0 Marshmellow.

Pada awal peluncurannya di Indonesia, LG G5 dibanderol harga cukup mahal, yaitu Rp 7.999.000. Setelah suksesornya, LG G6 mulai dijual di Indonesia, harganya tidak lagi semahal dulu. Kini kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 3.000.000 untuk memiliki smartphone flagship ini dalam kondisi bekas. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan HP tanpa kartu kredit, seperti melalui Kredivo untuk membelinya. Apalagi Kredivo sudah bekerja sama dengan Laku6, toko online yang menjual HP bekas dalam kondisi yang masih prima. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cicilan HP dengan Kredivo.

  1. Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge masih diminati banyak pecinta smartphone. Bukan tanpa alasan, smartphone yang rilis pada tahun 2016 ini memiliki desain kekinian, yaitu layar bagian samping yang melengkung, sehingga kamu yang peduli dengan desain smartphone, tak perlu menggantinya lagi dalam jangka waktu cukup lama. Masalah performa, smartphone ini tak diragukan lagi ketangguhannya. Meski prosesor Snapdragon 820 yang disematkan terbilang lawas, Samsung Galaxy S7 Edge masih mampu multitasking dan menjalankan game berat sekalipun.

Ditambah lagi, terdapat ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB hingga 128 GB dan RAM sebesar 4GB. Sementara untuk kamera, Samsung Galaxy S7 Edge dibekali kamera beresolusi 12MP yang berteknologi keren. Dapat dibilang smartphone ini bisa bersaing dengan smartphone flagship keluaran terbaru. Smartphone asal Korea Selatan ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 4.000.000 higga Rp 6.000.000, tergantung kapasitas memori internal dan kondisi smartphone. Manfaatkan cicilan HP yang bisa kamu dapatkan dari Kredivo. Cek detail mengenai cicilan HP dengan Kredivo disini.

Kredivo sendiri telah bekerja sama dengan banyak e-commerce untuk menyediakan layanan cicilan HP. Salah satunya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan cicilan HP flagship “jadul” adalah Laku6. Pendaftarannya pun mudah, hanya membutuhkan tiga langkah mudah. Cukup unggah KTP, sambungkan satu akun digital, sambungkan internet banking-mu, dan kamu sudah bisa belanja smartphone pilihanmu.

  1. iPhone 6

Jika belakangan ini orang-orang ramai membicarakan iPhone 8 dan iPhone X, jangan lupakan pesona smartphone iPhone yang lebih dulu rilis seperti iPhone 7 dan iPhone 6. Berkat permintaan akan seri baru iPhone yang terus meningkat, seri pendahulunya pun mengalami penurunan harga yang cukup drastis, terutama iPhone 6 yang sudah dirilis beberapa tahun lalu. Tapi jangan salah, iPhone 6 juga masih layak untuk dibeli di tahun ini.

Dari segi desain, iPhone 6 mengusung konsep mewah dan berkelas, sampai-sampai beberapa merek smartphone lain menjiplak desain iPhone 6 secara terang-terangan. Perangkat iPhone 6 pun dibuat dari bahan metal dengan berat hanya 129 gram saja, sehingga menciptakan pengalaman nyaman ketika menggunakannya.

Hardware-nya juga didukung dengan chipset dual core Apple A8 dengan kecepatan hingga 1,4 GHz, RAM 1GB, GPU PowerVR GX6450, dan pilihan kapasitas internal 16, 32,64, hingga 128GB. Meski terkesan kalah dengan RAM milik smartphone Android yang sudah dibekali RAM hingga 8GB, kenyataannya kinerja iPhone masih sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game yang tebilang berat. Apabila pada awal peluncurannya iPhone 6 dibanderol harga Rp 10 juta. Kini, kamu bisa membawa pulang iPhone 6 dalam kondisi bekas dengan harga Rp 4 juta saja.

  1. One Plus 3T

Pada 2017 lalu, OnePlus merilis OnePlus 5, smartphone flagship terbarunya. Dengan demikian OnePlus 3T, smartphone pendahulunya, menjadi smartphone flagship “jadul”. Pada sisi hardware, OnePlus menciptakan OnePlus 3T dengan kemampuan kelas atas yaitu Snapdragon 821. RAM 6GB yang disematkan juga membuat performa OnePlus 3T berjalan dengan sangat cepat.

Dari segi desain, dapat dibilang OnePlus 3T memberi konsep orisinil dan tidak meniru smartphone lainnya. Sedangkan untuk sektor kamera, smartphone ini membawa kamera beresolusi 16MP yang dilengkapi fitur OIS. Selain spesifikasinya yang gahar, faktor lain yang membuat OnePlus laku di pasaran adalah karena harganya. Saat baru diluncurkan, OnePlus 3T dibanderol harga sekitar Rp 6.000.000, tergantung kapasitas memori internal yang dipilih. Saat ini, smartphone buatan Tiongkok tersebut sudah turun harga. Perangkat barunya dijual dengan harga sekitar Rp 5.000.000, sedangkan OnePlus 3T dalam kondisi bekas dijual dengan kisaran harga Rp 3.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *